Kamis, 18 Februari 2010

Printer 3D

Pernah melihat printer 3D?

Kali ini ada ilmuan yang berasal dari perusahaan printer yang bernama Hewlett-Packard memulai
untuk membuat device printer inkjet dan laser untuk kebutuhan di rumah dan kantor. Printer tersebut akan dilengkapi dengan model plastic 3 dimensi yang memiliki proses cetak sama seperti ketika akan mencetak text di lembaran kertas. Device printer HP ini akan ditujukan untuk pasar professional desain mekanis lebih luas, dan dibandrol harga kisaran kurang dari $15,000. class="fullpost">

“Ini adalah langkah pertama kami untuk printer 3 dimensi. Banyak orang yang ingin mencetak dalam 3 dimensi, namun semuanya masih menjadi misteri.“ ungkap Scott Summit, CTO Bespoke Innovations, perusahaan yang membuat artefak 3 dimensi untuk penggunaan medis.

Printer HP tersebut akan dibangun oleh Stratasys, perusahaan spesialis printer 3 dimensi. Printer tersebut biasanya digunakan oleh desainer atau arsitek di CAD (computer aided design) untuk membuat prototype sebelum menyelesaikan desain untuk produksi skala besar. Namun, printer 3 dimensi khusus desainer tersebut sangat mahal hingga ribuan dollar dan hanya dimiliki oleh group tertentu. Printer garapan HP-Stratasys tersebut tampaknya akan lebih mahal dibandingkan Makerbot, yang akan diluncurkan April dengan harga $750, dan ditujukan untuk industri otomotif dan aerospace. Namun, HP-Stratasys juga menolak untuk memberikan harga tepatnya printer 3D miliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar