Selasa, 16 Februari 2010

Graphics Processing unit (GPU)

Vendor pembuat chip, Nvidia telah merilis detail dari processor grafis Graphics Fermi 100 (GF100) yang sempat tertunda, yang memiliki interface memory 384 bit. GPU (graphics processing unit) generasi baru tersebut akan dilengkapi dengan 3 miliar transistor dan 512 CUDA core, juga Nvidia akan memadukan kemampuan computing parallel dan performance untuk aplikasi termasuk pehitungan fisika, penghitungan matematika tingkat tinggi, aljabar linear dan algoritma pencarian.

Nvidia membuat arsitektur Fermi berbasis CUDA, yang memudahkan GPU Nvidia tersebut mengeksekusi program yang ditulis dalam bahasa C, C++, Fortran, OpenGL, DirectCompute, dan bahasa lain. Dengan 512 CUDA core ini, diatur dalam 16 SMs (streaming processors) di setiap 32 core. GPU Nvidia GF100 tersebut memiliki partisi memory 64 bit, dan support memory DRAM GDDR5 6GB. Interface GPU akan terkoneksi ke CPU via PCI-Express, dan setiap SM akan memiliki processor 32 CUDA. Setiap processor CUDA dilengkapi ALU (arithmetic logic unit) integer dan floating point unit (FPU).

Fermi juga support dengan eksekusi kernel dimana kernel berbeda dapat mengeksekusi aplikasi yang sama dan dalam waktu yang bersamaan. Eksekusi kernel memudahkan program yang mengeksekusi sejumlah kernel kecil untuk menggerakkan seluruh GPU. Dalam arsitektur chip GF100 Fermi ini, kernel berbeda di konteks CUDA yang sama dapat menggunakan utilisasi maksimum dari resources GPU.

Kali ini, Nvidia belum membeberkan informasi penting lainnya mengenai GF100, seperti proses manufaktur, clock speed, performance, penggunaan power, dan harga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar